-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    KPK Tetapkan Bupati Bogor Sebagai Tersangka Korupsi

    dmin
    , April 28, 2022 WIB

    JAKARTA, WWB.co.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinihari menetapkan Bupati Bogor Ade Yasin (AY) sebagai tersangka kasus korupsi.


    Sebelumnya Ade Yasin ditangkap KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) bersama dengan 12 orang diciduk pada kesempatan itu.


    Dalam konferensi Pers KPK dinihari, Kamis (28/4/33) Menurut, Ketua KPK Firli Bahuri bahwa OTT Bupati Bogor terkait dengan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan suap.


    Dugaan bahwa AY menerima suap dari beberapa pekerjaan dari SKPD, uang yang didapat AY digunakan untuk "mengkondisikan" hasil Audit LKPD Pemkab Bogor tahun anggaran 2021 demi meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun anggaran 2021 dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).


    Dimana sebelumnya, Bupati Bogor mendapatkan informasi bahwa laporan keuangan Pemkab Bogor jelek dan bisa berdampak pada kesimpulan disclaimer.


    KPK selain menetapkan Ade Yasin sebagai tersangka, juga 7 orang lainnya dari jajaran Pemkab Bogor dan BPK Jawa Barat.


    Adapun pejabat Pemkab yang ditangkap di Bogor, mereka yakni Ihsan Ayatullah Kasubid Kas Daerah BPKAD, Maulana Adam Sekretaris Dinas PUPR Kab Bogor, RF Kasubag Keuangan Setda, Rizki Taufik PPK DPU-PR, EK Kepala BPKAD, AR Sekretaris BPKAD dan HN staf BPKAD.


    Lalu di Bandung, KPK menangkap Auditor KPK Jawa Barat yaitu Anton Merdiansyah Kasub Auditoriat Jabar III selaku Pengendali Teknis, Arko Mulawan Kepala Audit Intern, Gerri Ginanjar Trie Rahmatullah dan Hendra Nur Rahmatullah Karwita selaku Pemeriksa BPK Jabar.


    "Total uang yang berhasil kami amankan sebesar Rp 1 Milyar lebih, dimana Rp 570 juta berupa uang tunai, dan sisanya ada di rekening para terduga penerima suap, karena barang buktinya cukup dan berdasarkan keterangan keterangan, maka KPK menetapkan Tersangka yaitu AY, MA, IA, RD, ATM, AM, GGTR dan HNRK", ujar Ketua KPK Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri.


    Kedelapan tersangka ditahan oleh KPK untuk 20 hari kedepan guna pengusutan lebih lanjut. (***)


    Komentar

    Tampilkan