-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ketua Aliansi Nelayan Natuna Sesalkan Lemahnya Pengawasan terhadap Kapal Ikan Asing

    dmin
    , April 28, 2022 WIB

    NATUNA, WWB.co.id - Ketua Aliansi Nelayan Natuna (ANNA) Hendri menyasalkan, lemahnya pengawasan dan penjagaan terhadap tindakan pencurian ikan oleh Kapal Ikan Asing (KIA).

    "Saat ini, para nelayan tidak menjumpai sama sekali kapal-kapal pengawas milik negara di laut Natuna Utara," ucap Hendri seperti dilansir dari Mediakepri, Kamis 28 April 2022.

    Sebelumnya, kata dia, sempat beredar beberapa video yang memperlihatkan nelayan Natuna menjumpai KIA di wilayah Laut Natuna Utara.

    Salah satunya adalah video yang berdurasi 2 menit 50 detik, dalam video tersebut, diduga salah satu nelayan Natuna mengatakan, bahwa KIA yang dia temui adalah kapal Vietnam.

    "Hancur Vietnam, dibajak, sodara-sodara kita saksikan, tiga pasang berarti enam buah. Ya kita mau merapat meminta umpan dari pada kepunan lalu (tidak dapat apa-apa), karena di wilayah NKRl harus minta jatah, kami mau merapat mau minta cumi," ucap suara dalam video tersebut.

    Dalam video yang lain, terdengar suara nelayan Natuna yang mengungkapkan kekecewaannya, ia mengatakan saat ini laut Natuna sudah dijarah tidak hanya KIA namun oleh kapal cantrang.

    "Di tepi cantrang di laut kapal asing," ucap Hendri yang menurutnya, video tersebut diambil pada tanggal 19 April 2022 saat para nelayan berada di 38 sampai 43 mil dari Pulau Laut.

    Selain itu, Hendri mengaku kecewa dengan semakin masifnya Kapal Ikan Asing (KIA) yang semakin jauh menerobos wilayah negara Indonesia.

    Tentunya, kata dia, kondisi tersebut berdampak terhadap semakin menurunnya hasil tangkapan nelayan Natuna.

    "Kalau dibiarkan terus menerus, nelayan Natuna akan semakin sulit," terang Hendri. ( Rus/Gan)

    Komentar

    Tampilkan