-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Suka dengan Pepes Ikan.! Berikut Cara Masaknya agar Tidak Mudah Hancur

    dmin
    , March 09, 2022 WIB

    BOGOR,WWB.co.id - Pepes ikan pasalnya menjadi salah satu santapan favorit baik di meja makan atau di warung makan dekat rumah. Apalagi kalau bumbu dari pepes ikan meresap dalam daging.

    Tetapi dalam membuat pepes ikan tidak lah mudah. Terkadang ketika membuat pepes ikan mudah hancur. Sehingga, pepes ikan yang hancur jadi tidak membuat nafsu makan.

    Ternyata ada caranya loh untuk membuat pepes ikan tidak hancur. 

    Seperti dikutip dari sajiansedap.com menambahkan satu bahan sebelum masak pepes ikan bisa menjadi kuncinya. Bahkan memasak pepes ikan ada dua cara yakni, mengukus atau merebusnya.

    Kalau dikukus, ikan mentah bersama bumbu dibungkus dengan daun, lalu dikukus hingga matang. Kalau direbus, ikan dimasak dulu dengan bumbu sampai matang, baru kemudian dibungkus daun. Cara ini biasanya digunakan untuk jenis pepes masakan Sunda.

    Terkadang, cara kedua inilah yang seringkali menyebabkan pepes ikan jadi hancur. Kalau hancur, tentu ikan jadi sulit dipindahkan ke daun pisang untuk kemudian di bakar. Yang bisa kita lakukan adalah menambahkan ragi kedalam bumbu ikan.

    Takaran pas ragi untuk pepes ikan ialah sebagai berikut :

    Ragi instan yang biasanya kita gunakan untuk membuat roti bisa membantu pepes ikan untuk tidak mudah hancur. Bahkan, rasa ragi tidak akan merubah kenikmatan pepes ikan yang kita buat.

    Caranya ialah, cukup campur ragi ke dalam bumbu halus untuk pepes. Setelahnya, ikan tinggal dimasak dengan bumbu yang telah bercampur dengan ragi. Dan, untuk takarannya, 4 ekor ikan mas ukuran kecil misalnya, kita cukup menambahkan ½ sendok teh ragi.

    Setelahnya, ikan tinggal direbus bersama bumbu selama 2 jam dengan tambahan ragi, bumbu pun bisa meresap sempurna sampai ke tulang ikan tanpa membuat ikan jadi hancur.

    Komentar

    Tampilkan