-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Polres Ponorogo Wujudkan Zona Bebas Korupsi

    dmin
    , January 18, 2022 WIB

    PONOROGO,WWB.co.id - Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pelayanan yang professional, bersih, bebas dari pungutan liar (pungli), jajaran Kepolisian Resor (Polres) Ponorogo mencanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas Korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), Selasa (18/1/2022).

    "Pencanangan ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pelayanan yang professional, bersih, bebas dari pungutan liar (pungli)," ungkap Kapolres Ponorogo, AKBP Catur Cahyono Wibowo.

    Sebagai komitmen pencanangan pembangunan zona integritas tersebut ditandai dengan penandatanganan fakta integritas oleh Kapolres Ponorogo, AKBP Catur Cahyono Wibowo bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Ponorogo.

    Mulai hari ini, kata dia, Polres Ponorogo mulai mencanangkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih. "ZI, WBK dan WBBM bukanlah hal baru tetapi adalah hal lama yang harus diingatkan kembali, sebagai aparatur negara serta sebagai pelayan masyarakat," ujarnya.

    Ia berharap dengan dilibatkannya Forkompinda, itu bukan sekadar saksi, tetapi merupakan mitra Polri guna mendidik masyarakat, dalam menekan budaya KKN sebagai bentuk sinergitas antar instansi. "Penandatanganan fakta integritas ini, sesuai dengan Program Reformasi Birokrasi Polri, sebagai wujud keseriusan dalam mewujudkan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat," tambahnya. 

    Untuk mewujudkan pembangunan zona wilayah birokrasi bersih dan melayani, lanjutnya, merupakan hal yang tidak mudah dan sulit, namun juga merupakan hal yang tidak mustahil akan bisa dicapai apabila seluruh pihak memiliki tekad dan kemauan kuat, untuk mewujudkan hal tersebut. "Pencanangan zona integritas wilayah bebas dari korupsi akan terwujud apabila aparatur negara memiliki sikap mental terpuji, bersih dan melayani yang  ditunjukan dengan perilaku yang menunjang seperti kerja dengan tulus, ikhlas dan cerdas,"paparnya. 

    Selain itu, masih kata dia, Polres Ponorogo juga berusaha meraih zona integritas dengan melibatkan instansi terkait. "Kita sebagai lembaga internal dan tim penilai dari lembaga eksternal, dari Ombudsman, Kemenpan, jadi secara administrasi, pelayanan, pasti akan melibatkan instansi terkait sehingga komitmen dari mereka sangat kami butuhkan untuk mensupport program tersebut," terangnya.

    Dia juga berharap apa yang menjadi tujuan Polres Ponorogo untuk meraih zona Integritas, zona WBK di tahap awal ini bisa diwujudkan. "Kemarin memang ada beberapa sektor yang harus dibenahi dan disempurnakan sehingga sektor yang kurang di 2021 ini bisa sempurna di 2022 kita tingkatkan di Polres Ponorogo ini baik secara Sumber Daya Manusia, sarana prasarana, sehingga dapat terlayani dengan profesional.Mengutamakan kepentingan masyarakat , menampilkan keteladanan sehingga penetapan  zona integritas tidak hanya sebatas slogan saja," jelasnya.

    Sedangkan Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto menyampaikan bahwa pemerintah berharap seluruh elemen masyarakat dapat membantu mengawasi pelaksanaan Zona Integritas. "Sehingga Polres Ponorogo benar-benar bisa melayani masyarakat secara profesional, modern," tutur Kang Narto sapaan akrab Sunarto.

    Politisi Nasdem ini juga mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam melaksanakan tugas untuk mewujudkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

    (Muh Nurcholis) 
    Komentar

    Tampilkan