-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Wilson Lalengke: Citizen Journalism Satukan Bangsa dan Damaikan Dunia

    dmin
    , November 11, 2021 WIB

    JAKARTA, WWB.co.id - Rayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke-14, Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) mengelar konferensi internasional Pewarta Warga. Kamis, (11/11/2021).

    Dalam acara yang mengusung tema " The International Conference on Citizen Journalism" secara virtual/online zoom meeting dan live streaming YouTube itu, diikuti sejumlah pewarta aktif yang tersebar di seluruh Nusantara serta perwakilan dari negara-negara teangga diantaranya Asosiasi Jurnalis Kesultanan Oman, Lebanon, Arab Saudi, Mesir, Libya, Chad, Somalia, dan lain-lain.


    Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA mengatakan, melalui Citizen Journalism ingin membangun dunia yang baik atau menyenangkan bagi semua penduduk di muka bumi.


    "Mungkin terlalu besar dan terlalu tinggi kita punya harapan bersama teman-teman yang kebanyakan dari timur tengah ini," ungkap Wilson Lalengke dalam konferensi internasional Pewarta Warga secara virtual/online zoom meeting dan live streaming YouTube itu.


    Semua pihak, kata dia, ingin mendamaikan dunia. Misalnya, Alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 ini mencontohkan Negara Arab, Israel dengan segala kompleksitas mereka. "Seperti bang Fahrul tadi dari DPD RI mengatakan bahwa sebenarnya itu adalah kontruksi media. Melalui (media-red) seperti apa yang kita lihat itu, tapi sebenarnya diantara masyarakat mereka sendiri adalah bersaudara, mereka ingin hidup dalam keadaan yang damai," terang Wilson Lalengke.



    "Oleh karena itu maka, kita sedang berfikir keras untuk berbagi pemikiran dan ide bagai mana mendorong masyarakat untuk menjadi Citizen Journalism dengan menyampaikan informasi on the spot atau fakta lapangan, bukan olahan media-media yang ada," sambungnya.


    Dirinya meyakini bahwa, suatu saat persoalan Israel dan Palestina akan selesai ditangan para Citizen Journalism. "Itu yang menjadi harapan kita. Kalau politik dan para pebisnis itu justru meraup keuntungan dari semua konflik yang ada. Maka kita akan bergerak bersama masyarakat baik di daerah tersebut (daerah konflik) maupun diseluruh dunia untuk mendorong agar perdamaian bisa tercipta," tutur tokoh pendiri organisasi jurnalisme warga PPWI di Indonesia itu.


    Bukan kah ini sebuah mimpi semua orang untuk menjadikan dunia lebih baik. "Inilah sebuah inti dari sebuah Citizen Journalism. Bahwa kita menyatukan bangsa dan kita mendamaikan dunia," tegas lulusan pasca sarjana bidang studi Global Ethics dari Universitas Birmingham, Inggris ini.


    Untuk diketahui, seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang menjadi tulang punggung media massa pewarta warga, tahun 2021 ini PPWI telah merambah ke manca negara. Saat ini, telah ada 8 (delapan) Kantor Perwakilan PPWI di luar negeri, yakni Lebanon, Arab Saudi, Oman, Mesir, Libya, Chad, Somalia, dan Iraq. Selain itu, para anggota PPWI juga telah ada di puluhan negara sahabat, antara lain di Jepang, Hongkong, Taiwan, Belanda, dan Prancis. 


    (Gan)

    Komentar

    Tampilkan