-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    ODGJ Meninggal Dunia, Warga Sukaraja Antusias Laksanakan Fardu Kifayah

    dmin
    , October 16, 2021 WIB

    KAB.BOGOR, WWB.co.id - Seorang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) sekitar 15.00 meninggal dunia diarea pemakaman di RT 05/05 Desa Cikeas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

    Warga Sukaraja pun sigap melaksanakan fardu kifayah mengurus jenazah ODGJ tersebut. Salah satu petugas kebersihan pemakaman Dian mengatakan, ODGJ tersebut memang sudah lama berada diarea pemakaman. "ODGJ tersebut sering tidur-tiduran diarea pemakaman," ungkapnya, Sabtu (16/10/21).

    Dian menyebut ODGJ tersebut tadi siang lemas terkapar seperti tidak bernyawa. "Langsung saya menghampiri ODGJ tersebut dan melaporkan kepengurus RW setempat," imbuhnya.

    Sementara, pengurus RW setempat Heri Yuliansah menyebut ODGJ tersebut bukan warga Sukaraja. " Namun dia (ODGJ-red) sering bolak-balik bahkan tidur-tiduran diarea pemakaman," ucapnya.

    Namun demikian, kata Heri, warga berkewajiban mengurus dan dimakamkan dilahan pemakaman perelek gerakan amal sholeh (GAS) yang berlokasi di RT 02/05 Desa Cikeas. Pihak RW juga sudah melaporkan kejadian adanya ODGJ yang meninggal tersebut kepada pihak Polisi melalui Bhabinkamtibmas desa setempat.

    H. Ahmad Rozai Ketua MUI Desa Cikeas menyebutkan, mengurus jenazah merupakan fardu kifayah untuk itu, pihaknya bersama masyarakat mengurus jenazah ODGJ tersebut dimakamkan secara syariat Islam seperti mengurus jenazah lainnya.

    "Prosesnya sama dimandikan, disholatkan, dikafani dan dimakamkan layaknya seperti orang meninggal pada umumnya," ungkapnya.

    Kepedulian warga Sukaraja cukup tinggi mereka ada yang menggali kubur dan ada juga yang ikut memandikan serta mensholati bahkan ada yang menyumbangkan uang untuk keperluan sedekah ODGJ tersebut.
     
    (Gan)
    Komentar

    Tampilkan