-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Warga Desa Gunung Geulis Ingin Kampungnya Jadi Sentra Tanaman Hias

    dmin
    , September 21, 2021 WIB

    KAB.BOGOR, WWB.co.id - Agronema kini mejadi salah satu tanaman yang banyak dicari masyarakat untuk menghiasi pekarangan rumah.


    Tentunya ini mejadi salah satu penunjang ekonomi dimasa pandemi, seperti hal-nya yang dilakukan Komunitas Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Gugel Bestari, Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.


    Pasalnya, tanaman hiasan pekarangan rumah ini banyak di cari, akan tetapi masih kurang maksimal, karena selama ini warga menjual hanya dengan cara di jemput bola baik sendiri-sendiri atau berkelompok.



    "Selama ini memang cukup menunjang, tapi saya rasa masih kurang maksimal baik pemasaran atau pun budidayanya, karena kurangnya Suber Daya Manusia (SDM) kami berharap mendapat fasilitas dari pemerintah. Baik pelatihan dan pemasaran tanaman kami," tutur Dede Suarno salah satu penggiat lingkungan hidup di KRL Gugel Bestari ini, Selasa (21/09/21).


    Pria yang akrab disapa Dede ini mengaku, membudidayakan dayakan tanaman tersebut dari hobi dan senang dengan tanaman hias. "Awal terbentuknya KRL kami menanam sayuran, karena selain untuk dijual juga bisa di konsumsi sendiri. Karena sayuran sering dirusak oleh hewan peliharaan akhirnya kami beralih ke-tanaman hiasan," terangnya.



    Dirinya bersyukur dengan adanya tanaman hias tersebut bisa membantu ekonomi keluarga. "Alhamdulilah meski tidak seberapa namun cukup membantu untuk kebutuhan sehari-hari," imbuhnya.


    Dede berharap kampungnya ini menjadi sentra tanaman hias. " Harapan kami ingin menjadikan kampung ini sentra tanaman hias menjadi penghasilan bagi masyarakat selain dari bertani," harapnya. (RD/GN/ZA/EJ)
    Komentar

    Tampilkan