-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bima Arya Sebut Betapa Hebatnya Raden Saleh

    dmin
    , September 29, 2021 WIB

    KOTA BOGOR,WWB.co.id - Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut, tidak banyak yang sadar betapa hebatnya sosok Raden Saleh yang kebanyakan mengira hanyalah pelukis besar padahal bukan saja sebagai seorang seniman, tetapi juga pejuang yang nasionalis.

    Hal itu disampaikan Bima Arya saat peresmian Joglo yang berada di area Makam Raden Saleh Syarif Bustaman, oleh Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya atau yang akrab disapa Habib Luthfi, Rabu (29/9/21).


    Menurutnya, Raden Saleh juga dikenal membuat lukisan penangkapan Pangeran Diponegoro oleh Belanda. Wajah penjajah Belanda dibesarkan agar terlihat lebih menyeramkan, sementara sosok Pangeran Diponegoro dibuat lebih berwibawa dan berkharisma. 

    Bima Arya mengatakan, tahun lalu Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah membangun gapura sebagai simbol keberadaan Makam Raden Saleh. 

    "Ke depan bersama-sama kita perkuat komitmen untuk pemeliharaan dan pengembangannya, bukan saja bagi seniman untuk belajar melukis, tetapi juga bagi para generasi muda untuk belajar tentang arti nasionalisme, kebersamaan dan kebangsaan kita semua," kata Bima Arya.

    Ketua MUI Kota Bogor, KH. Mustofa Abdullah bin Nuh menilai, sosok Raden Saleh merupakan pelukis agung yang dengan karyanya mampu membangkitkan rasa nasionalisme, patriotisme dan memerdekakan Indonesia.

    "Dengan bimbingan guru kita, Abah Luthfi kita baru menyadari ternyata di dalam lukisannya beliau letakkan karomahnya dan kita rasakan hingga detik ini. Semoga bangunnya makam ini menjadi keberkahan bagi kita semua, bagi Kota Bogor," ujar pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ghazaly Kota Bogor ini.

    Hadir dalam peresmian tersebut Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, (Danrem) 061/Suryakancana, Brigjen TNI Achmad Fauzi, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro.

    Dandim 0606 Kota Bogor, Kol. Inf. Roby Bulan, perwakilan Danyon 14 Kopassus, Para tokoh agama dan masyarakat, di antaranya Khalifah Empang dan perwakilan Basolia Kota Bogor. (***/Gan)
    Komentar

    Tampilkan