-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sulawesi Tengah Miliki 3 PPKT, 2 Diantaranya Tidak Berpenduduk

    dmin
    , June 25, 2021 WIB

    SULAWESI,WWB.co.id - Batas wilayah Negara sebagai salah satu kedaulatan suatu Negara baik batas di darat, laut dan udara. sebagaimana Kepres nomor 6 tahun 2017 tentang Penetapan Pulau pulau Kecil Terluar atau PPKT yang ditetapkan sebanyak 111 PPKT.

    Salah satu Provinsi yang ada di Perbatasan Negara di laut yaitu Provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki 3 PPKT dimana 2 diataranya  tidak berpenduduk, yaitu, Pulau Salando dan Pulau Dolangan serta 1 PPKT berpenduduk yaitu Pulau Lingayan. Ketiga PPKT tersebut, terletak di Kabupaten Toli-toli pada wilayah 3 administrasi Kecamatan Pulau Salando berada di Kecamatan Dakopamean, Pulau Dolongan berada Kecamatan Toli-toli  Utara serta Pulau Lingayan di Kecamatan Dampal Utara," kata Rusly Baddu kepada redaksi melalui WhatsApp messenger, Jumat (25/06/21).


    Menurutnya, Badan Nasional Pengelola Perbatasan sebagai amanat RPJMN 2020-2024 untuk melaksanakan Koordinasi perencanaan dan fasilitasi pelaksanaan pada 49 PPKT tidak berpenduduk dan melaksanakan identifikasi serta inventarisasi kebutuhan sarana prasarana Hankam Non Alutsista yang dibutuhkan oleh PPKT sesuai kondisi Pulau. 

    "Tim BNPP melalui Keasdepan Pengelolaan Batas Negara Wilayah Laut dan Udara melaksanakan kunjungan ke 3 PPKT di Kabupaten Toli-toli diawal melaksanakan audensi dengan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Drs. Ma'mun Amir di kediaman rumah Jabatan Wakil Gubernur pada tanggal 23 Juni 2021 untuk melaporkan sekaligus memberikan informasi dan masukan kondisi existing PPKT sekaligus peran pemerintah daerah dalam pengelolaan PPKT baik Provinsi  maupun Kabupaten. Tim dipimpin oleh Willianto P. Siagian, Rusly Baddu dan Ario Damar Wicaksono selaku tenaga ahli," tuturnya.


    Secara geografis, kata dia, 3 PPKT yang berada di Kabupaten Toli-toli terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan Philipina dan sebelah Barat berbatasan dengan Malaysia-Sabah. " Letak pulau sangat strategis khususnya Pulau Lingayan yang terletak di terusan laut Sulawesi yang terhubung dengan Selat Makassar sebagai Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI.2) Tim juga melakukan Identifikasi Pilar Titik Referensi (PTR) di 3 Pulau untuk memastikan PTR dalam kondisi baik sebagai titik referensi dari Titik Dasar sebagai penyusun garis Pangkal kepulauan," jelas Willianto.

    "Selesai kunjungan ke 3 pulau Tim diterima oleh Bupati Toli-toli Bapak Hi. Amran, di dampingi Sekda KabupatenToli-toli, Kadis Trasmigrasi dan Kabag Pemerintahan serta Camat Dampal Utara untuk menyampaikan hasil identifikasi dan Inventarisasi Sarpras Hankam Non Alutsista, lalu kunjungan hari terakhir tim beraudiensi dengan Danlanal Toli-toli  Letkol. (P) Hariono terkait dengan keberadaan PosAL di PPKT," pungkasnya.(***)



    Penulis : Rusly Baddu

    Editor : Red
    Komentar

    Tampilkan