-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Benarkah Minum Soda dapat Mempercepat Haid Hanya Mitos.?

    dmin
    , June 19, 2021 WIB

    BOGOR,WWB.co.id - Apakah benar minum soda dapat mempercepat haid hanyalah mitos.? Karena, sampai saat ini anggapan mengenai minuman soda bisa memperlancar haid masih terus dipercaya oleh sebagian masyarakat.

    Bahkan, banyak orang yang menganggap bahwa minum soda saat menstruasi bisa memperlancar keluarnya darah sehingga siklus haid pun menjadi lebih singkat.

    Meski anggapan tersebut telah diyakini sejak dahulu, nyatanya hingga kini belum ada penelitian medis yang membuktikan bahwa soda dapat memperlancar dan mempercepat haid yang terlambat. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa minum soda justru dapat memperburuk gejala haid.

    Benarkah anggapan tersebut.? Untuk menjawab pertanyaan ini, yuk simak penjelasan selengkapnya.!

    Menstruasi atau haid merupakan hal alami yang terjadi pada setiap perempuan yang telah mencapai masa pubertas. Umumnya, menstruasi akan terjadi setiap bulannya dengan siklus yang berlangsung sekitar 28 hari dengan durasi menstruasi selama 2-7 hari lamanya.

    Meski begitu, terkadang menstruasi bisa datang terlambat pada sebagian perempuan. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak perempuan yang memutuskan untuk minum soda karena dipercaya dapat mempercepat dan memperlancar haid.


    Minum soda mampu melancarkan haid pertama


    Meski minum soda tak memengaruhi pada siklus bulanan menstruasi, namun beberapa peneliti dari Harvard School of Public Health telah menemukan fakta dan mempublikasikan ke dalam jurnal Human Reproduction bahwa minum minuman bersoda dapat mempercepat datangnya haid pertama pada remaja perempuan. Hal tersebut berkaitan dengan kandungan gula yang terdapat dalam minuman bersoda. 


    Pasalnya, minuman dengan gula tambahan memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi ketimbang gula biasa, sehingga dapat menyebabkan terjadinya lonjakan hormon insulin dan memicu peningkatan hormon seks.

    Kandungan kafein pada soda yang tergolong tinggi ini ternyata dapat memperburuk gejala haid. Sebab, kandungan gula rafinasi dalam minuman bersoda bisa membuat produksi insulin tak terkendali dengan baik sehingga bisa menahan natrium dan air.

    Apabila hal ini terjadi, nantinya tubuh akan sulit untuk menyeimbangkan hormon lain dan membuat perut terasa kembung bahkan menyebabkan kram perut. Bahkan, gula darah yang naik akibat kandungan gula dalam soda dapat memperburuk suasana hati selama menstruasi.




    Sumber : Okemom.com

    Komentar

    Tampilkan