• Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Tukang Es Buah Ini Sukses Kembangkan Tanaman Hias Hingga Tembus Pasar Luar Negeri

    dmin
    , March 03, 2021 WIB
    masukkan script iklan disini

    KAB.BOGOR, WWB.co.id - Daru warga Kp. Ciawi Girang, RT 04/02 Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor sukses menjual tanaman hias hingga Luar Negeri.

    Daru mengaku, awal muala ia usaha yakni menjadi pedagang es buah, namun akibat ketekunannya kini, sukses menjadi penjual tanaman bonsai.

    Dimasa pandemi Covid19 ini, Daru sempat binggung mau usaha apa.? Yang bisa mencukupi kehidupan sehari-hari untuk keluarganya.

    "Dulu saya berjualan es di area sekolah semenjak covid sudah lama tidak berjualan. Namun, karena saya tidak pinya kegiatan akhirnya saya iseng-iseng mengebangkan ketertarikan saya terhadap pohon bonsai. Dari memper banyak bibit tanaman yang bisa di buat bonsai, merangkai, dari mentahan sampai jadi," katanya kepada wwb.co.id, Rabu (03/03/21).


    Daru menjelaskan, dari ketertarikannya itu, ia terus mengembangkan bakat-nya untuk menekuni dan memperbanyak tanaman bonsai dari jenis cemara, anting putri dan lain-lain.

     "Alahamdulilah hal yang tak terduga membuat saya terkejut pemesan bonsai saya banyak. Hingga saya mengembangkan karya saya melaui web atau jasa online," ujarnya.

    Tak hanya samapi disitu saja, lanjut Daru, penjualan tanaman yang dikelola dengan cara online ini ternyata tidak sia-sia, hingga sampai ke-luar Kota bahkan hingga luar Negri. "Tanaman yang saya jual ini, harganya bervariatif, ada yang stengah jadi sampai jadi. Dan harganya pun disesuaikan, dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah tergantung dengan karakter pohon itu sendiri semakin jadi semakin mahal harga-nya," tutur Daru.

    Daru menghimbau kepada masyarakat untu tetap semangat untuk berusaha meskipun dimasa pandemi Covid-19. "Jangan menyerah selagi kita mampu untuk berusaha tidak harus mengeluh selagi kita mampu menjalankan usaha, yang penting kita sukuri apapun hasilnya. Karena ke-suksesan tergantung yang menjalankan-nya," ucap Daru.


    (Rif/Red-2)
    Komentar

    Tampilkan