-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Inilah Fungsi Lain dari Pulau Kepala atau Cepala

    dmin
    , February 01, 2021 WIB
    masukkan script iklan disini

    NATUNA,WWB.co.id - Kabupaten Natuna dibentuk berdasarkan Undan-Undang Nomor 53 Tahun 1999, memiliki dua gugusan pulau yaitu, Natuna dan Serasan dan memiliki tiga wilayah administrasi yaitu, Kecamatan Subi, Serasan dan Serasan Timur yang dimekarkan dari Kecamatan Induk pada Tahun 2018.

    Hal tersebut disampaikan Tim Peraktisi Pembangunan Batas Wilayah Negara dan Pulau - Pulau Kecil Terluar (PPKT) BNPP RI Rusli Baddu, SH.Msi, melalui WhatsApp messenger kepada redaksi wwb.co.id, Senin (1/2/211).

    "Pulau Serasan memiliki sejumlah pulau baik berpenduduk dan tidak berpenduduk, salah satu dari sekian pulau terdapat satu Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) yang berbatasan dengan Serawak-Malaysia yaitu Pulau Kepala atau penduduk menyebutkan dengan nama Cepala," jelasnya.




    Menurutnya, kedudukan pulau Kepala diatur dalam Kepres Nomor 6 Tahun 2017 Tentang PPKT, yang menetapkan 111 (Seratus Sebelas) PPKT di Indonesia, sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 62 Tahun 2010 Tentang Pemanfaatan PPKT.

    Pulau Kepala memiliki luas 4.994 m2. atau 0,02 KM2, sebagaiamana sertifikat No. INB 32 04 06 O1 00003 an. Dirjen. Perhubungan Laut, tahun 2008. Pulau Kepala berkoordinat 02,38' 43" LU dan 108,10' 04" BT.

    Gugusan Pulau Serasan memiliki 67 Pulau meliputi 55 Pulau tidak berpenduduk dan 12 Pulau berpenduduk, pulau Kepala berbatasan dengan wilayah administrasi Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, bagian selatan Kabupaten Natuna dan berbatasan langsung dengan Malaysia Timur-Serawak dengan akses ke-Sematan," tutur Rusly.





    Selain itu, kata dia, kehadiran Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Serasan sebagaimana Inpres Nmor. 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN dan Sarpras satu diantaranya berada di Kecamatan Serasan memberikan nilai tambah aktifitas lintas batas Negara antara kedua Negara Indonesia dan Malaysia Timur - Serawak.

    Disisi lain, lanjutnya, Pulau Kepala terletak pada Alur Laut Kepulauan Indonesia 1 (ALKI-1). Untuk menjaga aksistensi Pulau Kepala sebagai PPKT dan sebagaimana Peraturan Pemerintah No. 62 Tahun 2010 tentang Pemenfaatan PPKT di tetapkan sebagai pulau dengan pendekatan pertahanan dan keamanan.

    Oleh karena itu, kehadiran personil petugas Navigasi yang ditempatkan dan bertugas di Pulau Kepala menandakan bahwa Pulau Kepala sangat strategis. "Sebagai pulau terluar bidang Navigasi dan bidang pertahanan dan keamanan Negara, personil Navigasi yaitu Wahyudi dan Iksan setiap harinya mengontrol kondisi pulau dan memastikan Navigasi dapat berfungsi untuk keselamatan pelayaran baik pelayaran Nasional dan Internasional yang melintas ALKI," paparnya.

    Fungsi lain, sambungnya, dari Pulau Kepala sebagai Pulau terluar dan sebagai titik ikat ke-Pulauan Indonesia dengan titik dasar Nomor. 033 serta titik referensi nomor. 033. Jarak TD. O33 dan TD. O35=44,10 nm Garis Pangkal Lurus Kepulauan.







    Sumber : Tim Peraktisi Pembangunan Batas Wilayah Negara dan Pulau - Pulau Kecil Terluar (PPKT) BNPP RI Rusly Baddu
    Komentar

    Tampilkan