• Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Potensi Pariwisata Desa Jermalik Kecamatan Serasan Perlu Campur Tangan Investor

    dmin
    , January 29, 2021 WIB
    masukkan script iklan disini

    NATUNA, WWB.co.id - Desa Jermalik, Kecamatan Serasan merupakan salah satu Desa yang berbatasan dengan Kelurahan Serasan. Jarak dari Ibu Kota Serasan ke-Desa Jermalaik berjarak 10 km. Jalan menuju Desa Jermalik disuguhkan pemandangan hamparan lahan kosong yang ditumbuhi rumput liar dan kering yang cukup luas, cukup baik dan melalui hamparan tanah datar yang kosong.

    Sebagaimana dituturkan Kepala Desa Setempat Rogen, bahwa dilahan tersebut akan dibangun bandara udara perintis di pulau Serasan Desa Jermanik terletak di kaki gunung puteh yang menjorok ke pantai sampai ke pantai pasir putih yang berhadapan dengan laut Natuna Utara dan terdapat gua hidung tempat bersarang burung walet secara alami.




    Jarak pantai pasir putih yang membentang sepanjang kurang lebih 2 KM. membentuk opal memberikan keindahan tersendiri bagi pencinta wisata pantai. Jarak jalur utama Desa ke-pantai pasir putih kurang lebih 1 KM, kondisi pantai saat bulan Desember sampai dengan bulan Februari berombak karena bertepatan angin utara.

    Adapun, untuk jumlah penduduk Desa Jermanik berjumlah 402 lebih jiwa dan jumalah KK sebanyak 178. Potensi alam belum dimanfaatkan secara maksimal khususnya bidang pertanian dan perikanan, karena masih mengunakan peralatan tradisional.




    Sedangkan pootensi bidang peternakan cukup mengembirakan bagi peternak Sapi, meskipun belum menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan daging di Kacamatan Serasan, karena hasil peternakan hanya digunakan untuk kebutuhan acara pernikahan dan hajatan dan yang lainnya. Sementara untuk hasil perkebunan adalah buah semangka yang dapat hidup di lahan perkubunan rakyat.

    Potensi pariwisata desa Jermanik juga belum digarap secara maksimal, terlihat akses Jalan menuju bibir pantai masih mengunakan Jalan kampun/setapak yang hanya dapat ditempuh dengan mengunakan kendaraan roda dua. 




    Saat kami menelusuri kepantai bersama investor yang bergerak dibidang pariwisata dan sebagai pemilik Villa Camar Bulan atau Rumah terbalik di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh asal Jakarta Keven Sukirno yang telah dan akan mengembangkan pariwisata di Serasan bersama Tokoh Masyarakat Dayak yang juga sebagai kolektor barang-barang antik peninggalan dinasti China/Tiongkok sekaligus sebagai penggiat dan pemerhati perbatasan Kalimantan Barat Yakobus Kumis menyatakan potensi parawisata di Pulau Serasan perlu campur tangan investor, pemerintah daerah dan pemerintah tanpa pihak-pihak tersebut destina wisata yang indah bagaikan Matahari ditutupi awan hitam.

    Selain itu, sebagaimana hasil penelusuran kami di Desa Jermanik peran serta masyarakat, toko Agama dan tokoh pemuda serta perempuan perlu adanya pelatihan dalam pengembangan potensi Desa Jermanik yang masih ditemukan lahan tidur yang sangat luas dan pantai pasir putih yang dibiarkan mengalun sesuai kondisi alamia. (Red)


    Sumber : Rusly Baddu bersama Tim Peraktisi Perbatasan BNPP RI
    Komentar

    Tampilkan