• Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pemecah Ombak Program Prioritas Hasil Musrenbangdes Batu Berian

    dmin
    , January 30, 2021 WIB
    masukkan script iklan disini

    NATUNA,WWB.co.id - Desa Batu Berian, Kecamatam Serasan, Kabupaten Natuna memiliki progaram prioritas di tahun 2022 yang di ajaukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2021 kemarin.

    "Hasil Musrenbangdes yang menjadi usulan prioritas utama adalah program pembangunan pemecah Ombak  sepanjang 300 M. Dengan ouput yang diharapkan oleh masyarakat Desa Batu Berian yaitu menghalau derasnya ombak serta serta berfungsi sebagai pencegahan Abrasi pantai serta pelindung dari hantaman ombak terhadap Pompong/Motor Laut penangkap ikan yang berlabu sepanjang pantai dengan jumlah sebayak 90 Unit sebagai alat transportasi utama yang digunakan para nelayan Batu Berian," ungkap Kepala Desa Batu Berian Meriadi.



    Ia menjelaskan, hasil tanggkapan ikan terbesar di Kecamatan Serasan berasal dari Nelayan Desa Batu Berian yang diperkirakan 60 sampai dengan 65 ton per-bulan dari berbagai jenis. "Tangkapan nelayan diantaranya, Tenggiri, Kakap Merah, Kerapu, Sunu, Ketambak, dan Napoleon," jelas Meriadi.

    Maka dari itu, pentingnya program usulan prioritas Pemecah Ombak untuk mencegah tingginya abrasi pantai dan melindungi perahu nelayan dari hantaman ombak dimana perahu motor/pompong sebagai modal utama usaha ekonomi masyarakat Desa Batu Berian yang mayoritas penduduknya sebagai besar adalah Nelayan," sambungnya.

    Lebih lanjut Meriadi menjelaskan, Pulau Batu Berian adala sebagai salah satu pulau terbesar dari pulau-pulau yang berada di wilayah admimistrasi Kecamatan Serasan, dan sebagai desa yang terpisah dari daratan pulau serasan dengan luas wilayah 916 HA,  jumlah penduduk sebanyak. 716 jiwa, 215 KK,  203 Permukiman Penduduk  yang terletak dipesisir pantai kurang lebih 30% dan bermukim di atas bibir pantai yang menjorok diatas air kurang lebih 60%.

    Selain itu, program prioritas usulan pembangunan Desa Batu Berian adalah Dermaga, dan Pasar tempat pelelangan hasil tanggakapan serta Colstorik dan Listrik sebagai daya ungkit ekonomi Masyarakat serta jaringan telekomunikasi yang masih mengandalkan jaringan di Ibu Kota Kecamatan Serasan yang berjarak kurang lebih 8 sd 9 mil laut ke Desa Batu Berian, termasuk program kesehatan, Pendidikan yang semuanya akan bermuara pada generasi bonus demografi bagi anak-anak pulau Desa Batu Berian," paparnya.


    Untuk diketahuai, Musrenbang Desa Batu Berian dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2021 di Aula Desa Batu Berian yang dibuka oleh Camat Serasan sekaligus memberikan arahan usulan perencanaan pembangunan prioritas di Desa Batu Berian, dan sambutan serta arahan dalam Musrembangdes Kepala Desa Batu Berian - Meriadi dan Ketua BPD Desa Batu Berian, - Edo Mariadi.

    Dalam Musrenbang Desa Batu Berian juga turut hadir diantaranya, Keven Sukirno sebagai investor yang akan mengembangkan Periwisata di Desa Batu Berian, Yakobus Kumis, pemerhati perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar sekaligus sebagai Tokoh Dayak Kalimantan Barat dan Rusly Baddu praktisi pembangunan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan negara dan pulau-pulau kecil terluar (PPKT) sekaligus sebagai legal konsultan hukum media WWB.  



    Sumber : Tim Peraktisi Pembangunan Batas Wilayah Negara dan Pulau - Pulau Kecil Terluar (PPKT) BNPP RI

    Rusli Baddru, SH.Msi
    Komentar

    Tampilkan