-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Karang Taruna Desa Cikeas Kembangkan Tanaman Hidroponik

    dmin
    , January 27, 2021 WIB
    masukkan script iklan disini

    KAB.BOGOR - Keberadaan Karang Taruna sebagai wadah bagi para pemuda di setiap daerah untuk berpartisipasi aktif dalam semua sendi kehidupan bermasyarakat.

    Demikian halnya dengan Karang Taruna Kecamatan Sukaraja, dibawah kepemimpinan Iyus Ruslan sebagai Ketua Forum Pengurus Karang Taruna Kecamatan Sukaraja, dari 13 Desa yang berada di Kecamatan Sukaraja, hanya dua Desa saja yang kepengurusan Karang Taruna-nya saat ini masih dalam proses. "Target saya, Di bulan Maret ini sudah 100% terbentuk kepengurusan Karang Taruna Desa di Kecamatan Sukaraja," kata Iyus Ruslan. Selasa (26/1/21).

    Pria yang akrab dipanggil Kang Iyus ini mengatakan bahwa dalam rangka mensosialisasikan karang taruna di masing-masing wilayah, ia menggunakan strategi penyesuaian dengan karakter ketua karang taruna di setiap desa. "Contoh-nya di Desa Cikeas, Kang Sandro sebagai ketua Karang Taruna Desa Cikeas mempunyai background dalam kegiatan budidaya tanaman Hidroponik, maka program unggulan yang di kembangkan di Desa Cikeas adalah budidaya Hidroponik," terangnya.

    Pada kesempatan yang sama Sandro Fadilah Ketua Karang Taruna Desa Cikeas mengatakan bahwa ketika berbicara tentang sistem Hidroponik, kesan pertama adalah bahwa biaya-nya mahal, butuh bujet yang besar dan lain-lain. Oleh karena itulah dirinya dan teman-teman pengurus ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa pertanian sistem Hidroponik itu tidak harus mahal. Bahkan sangat terjangkau. "Kita bisa melakukan pertanian dengan sistem Hidroponik. Atas dasar pertimbangan itulah, setelah berkoordinasi dengan Ketua FPKT Kecamatan, kami  membentuk Karang Taruna Tani (KARTA), agar para pemuda di Desa Cikeas memiliki kemauan untuk bertani dan Alhamdulillah saat ini kami sudah memiliki 3000 lubang  Tanaman Hidroponik, yang terdiri dari Sayuran Kangkung, Sesin, Pakcoy dan lain-lain," tuturnya.

    Sementara Ketua Bidang Pertanian Karang Taruna Desa Cikeas Aep Gunawan mengatakan, inovasi yang dilakukan oleh KARTA Desa Cikeas adalah dengan menciptakan nutrisi untuk Tanaman Hidroponik sehingga bisa menghemat alokasi biaya. "Alhamdulillah saya dan teman-teman sudah berhasil membuat formula seperti AB-MIX yang menjadi kebutuhan pokok dalam Sistem Hidroponik yang apabila dibandingkan dengan AB-MIX yang beredar pasaran, kami dapat melakukan penghematan 50 sampai dengan 75 %," katanya.

    Apa yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Cikeas, lajutnya. mendapat apresiasi dari berbagai pihak, dari mulai masyarakat yang sudah merasakan kualitas sayuran Hidroponik tersebut, Pemerintah Desa hingga menarik perhatian anggota DPRD Kab.Bogor untuk berkunjung ke lokasi Tanaman Hidroponik yang berlokasi di.Kp. Parung Aleng RT 03/03 Desa Cikeas.

    "Harapan kami adalah bagaimana agar program yang saat ini kami laksanakan dapat juga di ikuti oleh masyarakat sehingga mereka dapat mendapatkan penghasilan tambahan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini" pungkas Aep. (Ridwan)
    Komentar

    Tampilkan