-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Desa Nanggung Terus Kembangkan Inovasi dalam Pengelolaan Sampah

    dmin
    , January 17, 2021 WIB
    masukkan script iklan disini

    KAB.BOGOR,WWB.co.id - Unit usaha bank sampah adalah salah satu unit usaha BUMdes Gerbang Emas Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor yang berdiri pada Tahun 2020. Dimana unit ini suatu tindaklanjut dari program kawasan ramah lingkungan (KRL).

    Hal tersebut disampaikan ketua Badan Usaha Milik Desa Nanggung Muhammad Hoeruddin kepada wwb.co.id, Minggu (17/01/20).

    Menurutnya, dengan adanya bank sampah tersebut diharapkan kesadaran masyarakat dalam hal kebersihan. "Alhamdulilah program ini sangat didukung oleh Kepala Desa, karena beliou mendorong bukan hanya pendanaan tetapi juga moril kepada masyarakat. Dan alhamdulilah kami juga sudah bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor dalam pengangkutan sampah," tutur Hoeruddin.

    Selain itu, dirinya juga akan terus meningkatkan inovasi dalah hal pengelolaan sampah tersebut. "Kedepan kami akan terus kembangkan inovasi dalam mengelola sampah baik itu organik maupun non organik," imbuhnya.

    Karena, kata dia, kedepan bagaimana sampapah-sampah tersebut nantinya akan diolah menjadi produk yang berkualitas. Sehingga, Desa Nanggung memiliki suatu produk dengan ciri khas-nya sendiri. Karena pihaknya sedang berproses melatih warga untuk memiliki keterampilan dibidang tersebut, dengan harapan bagi warga yang terlatih bisa menularkan ilmunya kepada yang lain sehingga terbangun cita-cita dari gerbang emas itu sendiri yakni suatu pergerakan ekonomi kerakyatan.

    Hoeruddin menyadari untuk saat ini, haya 30/% warga yang sadar akan kebersihan. Namun dirinya terus berusaha mengajak dan mrubah pola pikir masyarakat dalam menjaga kebersihan.

    Ia menjelaskan, untuk nasabah bank sampah sendiri itu baru sekitar 50 orang lebih dengan nilai teransaksi sekitar 1 Juta lebih pebulan," jelas Hoeruddin.

    Kepala Desa Nanggung Ahmad Sodik menilai banyak hal yang berdampak buruk dari sampah apa bila dibuang sembarangan. Selain daripada banjir, kata dia, sampah juga bisa menimbulkan berbagai penyakit. 

    Menurutnya, kebersihan adalah sebagian dari iman. maka dari itu, dirinya tidak setengah dalam mengelola sampah. Dengan harapan kedepannya menjadi wisata edukasi.

    Untuk mencapai hal tersebut, kata dia, tentunya harus ada integrasi baik itu dari sisi kesehatan maupun dengan Dinas-Dinas terkait. Sehingga, apa yang di kejar itu bukan hanya sisi  sosialnya saja ekonomisnya pun ada. "Untuk saat ini saya bersyukur dengan adanya bank sampah masyarakat bisa memiliki tabungan," terangnya.

    Sementara itu, R. Mursid merespon baik dengan usaha yang dijalankan Pemerintah Desa Nanggung. "Saya sangat merespon baik dan sangat mengapresiasi dengan usaha yang dilaksanakan Kepala Desa Nanggung, hal ini tentunya harus terus didukung. Karea selain mejadi lingkungan bersih, apa bila dikelola dengan baik sampah tentunya akan menghasilakan nilai ekinomis," terang Mursid. (Red)
    Komentar

    Tampilkan