-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Danlanal Ranai : Mari Bangkitkan Kembali Kejayaan Nusantara

    dmin
    , January 16, 2021 WIB
    masukkan script iklan disini

    NATUNA, WWB.co.id - Komandan Pangkalan TNI AL (Danalanal) Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2021, di Dermaga Posal Penagi, Jumat (15/1/2021).

    Pada upacara tersebut Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkata Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam amanatnya dia menyampaikan sebagai bangsa maritim yg besar, para pejuang laut sejak jaman kerajaan-kerajaan Nusantara.

    "Mereka selalu berjuang dengan tegar menghadapi bangsa penjajah yang ingin menjarah bumi pertiwi, darah, keringat dan air mata para pahlawan pejuang laut menetes di laut nusantara demi kemerdekaan yang kita nikmati bersama saat ini," ujar Danlanal.

    Selanjutnya Danlanal menyampaikan, mendidihnya gelora darah pejuang laut nusantara ini, tetap mengalir di tubuh prajurit Angkatan Laut Republik Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.

    "Berbagai pertempuran dan medan laga di laut telah banyak di lalui oleh Jalasena Kusuma Bangsa. Masa-masa kejayaan corps armada sampai kepada masa dwikora dan trikora, hingga puncaknya adalah lima puluh sembilan tahun silam, tepatnya 15 Januari 1962 di laut Arafuru telah menjadi saksi bisu pengorbanan perjuangan para pahlawan laut Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan," papar Danlanal.

    Danlanal mengajak untuk selalu menghargai dan menjunjung tinggi semangat kepahlawanan para kesatria samudera pembela negara. 

    "Peringatan hari Dharma Samudera kali ini pada hakekatnya merupakan refleksi penghargaan yang tinggi kepada seluruh pahlawan samudera nusantara yang telah mengorbankan jiwa dan raga guna merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia," ujar perwira bunga melati dua di pundak ini.

    Selanjutnya Danlanal menyampaikan   peringatan hari Dharma Samudera tahun 2021 sedianya akan dilaksanakan secara terpusat di Kepulauan Natuna, namun dengan adanya musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air Sj-182 di perairan Kepulauan Seribu, maka Kepala Staf TNI Angkata Laut memutuskan untuk merubah pelaksanaan upacara secara sederhana di Dermaga Kolinlamil Jakarta. 

    "Perubahan rencana tersebut merupakan wujud empati kita bersama dalam rangka memfokuskan kekuatan alutsista dan personel TNI Angkatan Laut untuk mendukung operasi pencarian dan pengangkatan pesawat Sriwijaya Air Sj-182," terangnya.

    Terakhir Kepala Staf TNI Angkata Laut melalui Danlanal berharap peringata Hari Dharma Samudera kiranya dapat mengingatkan untuk bertekad mewujudkan nilai-nilai patriotisme, kepahlawanan dan kepemimpinan yang di wariskan oleh para pendahulu kita di dalam pengabdiannya kepada TNI Angkatan Laut, TNI, Bangsa dan Negara Tercinta.

    "Saya berharap peringatan Hari Dharma Samudera tahun ini juga dapat menginspirasi Bangsa Indonesia untuk membangun dan membangkitkan kembali kejayaan nusantara, dengan menyadari bahwa laut adalah faktor kunci tercapainya kejayaan bangsa menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia," tukasnya. (dani)
    Komentar

    Tampilkan