-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Perlu Perhatian Serius, Tebing Pasir Cilumping di Cibeber Rawan Longsor

    dmin
    , December 05, 2020 WIB

    CIANJUR,WWB.co.id - Kondisi tebing pasir Cilumping, yang menjulang tinggi sekitar 100 meter di Kampung Tubuy, Desa Karangnunggal, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, rawan longsor.

    Kepala Desa Karangnunggal M. Zamzam Mubarak mengatakan, sudah disampaikan atau dilaporkan ke-BPBD Kabupaten Cianjur ketika Itu pas setelah bencana longsor terjadi di Desa Karangnunggal.

    "Sebelumnya dampak longsor, hanya tinggal menunggu realisasinya," katanya, saat dihubungi, Sabtu (5/12/2020).

    Saat ini, kata Zamzam, warga merasa khawatir terjadi susualan kembali. Sebelumnya bencana longsor terjadi sekitar November 2020. "Akses jalan yang terkena longsor tanah tersebut, sebelumnya tak ada TPT," terangnya.

    Terpisah, Elong (46) warga setempat membenarkan terkait hal tersebut
    "Intinya, minta dibantu saja. Istilahnya ada perbaikan, baik itu melalui program bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) atau dari Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur, juga Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

    Y'a, yang jelas, kata dia, rawan longsor juga. Harus ada pembenahan. Khawatir longsor susulan, dan rawan terjadi hal tidak diharapkan.

    "Saya mohon dengan sangat secepatnya ada pembangunan kembali. Prioritas untuk pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT), pasalnya, longsoan tanah tembus masuk ke Sungai Cisokan, di bawah jurang. Dan, hingga saat ini belum ada pembenahan sama sekali, harusnya ada soalnya rawan.

    Menurutnya, karena perlu adanya pembangunan TPT, selain pembenahan tebing rawan longsor. Dan, butuh Penerangan Jalan Umum (PJU) juga yang kini masih minim. "Mudah-mudahan segera ada perhatian serius dari pemerintah," pungkasnya.(Yad)
    Komentar

    Tampilkan