-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Presiden RI Tinjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin

    dmin
    , November 27, 2020 WIB
    masukkan script iklan disini

    KAB.BOGOR, WWB.co.id - Pusat Sumber Benih dan Persemaian Rumpin merupakan sebuah lokasi pembibitan yang tengah disiapkan dan diharapkan bisa menghasilkan 16 juta bibit.

    Hal tersebut disampaikan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo saat meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian di Rumpin, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (27/11/20).

    "Kita harapkan nanti tahun depan, 2021, sudah selesai dan sudah berproduksi. Dari sini akan bisa diproduksi kurang lebih 16 juta bibit," terang Presiden RI itu ketika memberikan keterangan pers, Jumat (27/11/20).

    Ia menjelaskan, nantinya bibit-bibit tersebut akan didistribusikan ke-lokasi yang kerap mengalami banjir atau longsor.

    Meski begitu, Jokowi minta agar tak hanya untuk fungsi ekologi. Namun, ada pula tanaman-tanaman yang memiliki fungsi ekonomi. "Tadi saya sudah berpesan untuk pembibitan di Rumpin, Bogor, ini agar ditanam tanaman-tanaman yang punya fungsi ekologi maupun fungsi ekonomi, karena ke depan kita ingin mengembangkan green economy," tutur Jokowi.

    Presiden menyarankan beberapa tanaman yang ditanam nantinya seperti eucalyptus, mahoni, kaya, merbau, eboni, jati hingga tanaman buah-buahan dan lainnya.

    Adapun, kata dia, pusat perbenihan tersebut nantinya akan berdiri di atas lahan seluas 159,58 hektare yang terdiri atas zona perbenihan, zona kelola masyarakat, zona diklat, dan zona koridor pengembangan usaha.

    Pembangunan pusat perbenihan ini menjadi permulaan dan percontohan bagi pengembangan serupa yang akan dilakukan di sejumlah lokasi lain yakni, Danau Toba (Sumatera Utara), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Likupang (Sulawesi Utara). Ada pula pembangunan lokasi pembibitan yang diperuntukkan bagi perbaikan hutan mangrove.

    "Kita sudah merencanakan akan kita kerjakan kurang lebih 630.000 hektar mangrove sehingga itu juga perlu Nursery, perlu lokasi pembibitan yang segera juga akan kita siapkan," papar Jokowi.

    Presiden Jokowi, menginginkan Indonesia menuju ke arah green economy berkelanjutan yang diharapkan memberi dampak ekonomi pada masyarakat," harapnya. (red)




    Sumber: Setkab.go.id
    Komentar

    Tampilkan