-->
  • Jelajahi

    Copyright © wwb.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Program CSR, Mayora Gandeng Pemerintah Tanam 3000 Pohon di Cianjur

    dmin
    , October 28, 2020 WIB
    masukkan script iklan disini

    CIANJUR, WWB.CO.ID - PT. Tirta Fresindo Jaya Cianjur (Mayora Grup) kolaborasi gandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui aksi penanaman 3.000 pohon, dalam rangka gerakan tanaman pelihara pohon (GTPP), di Bukit Aquila, Desa Pakuon, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Rabu (28/10/2020).

    Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, gerakan penghijauan melalui penanaman 3000 pohon saat ini, pihak Pemerintah Provinsi, tentu sangat support. Dan, memang harus terus digalakkan

    Apalagi, kata dia, Pemprov Jawa Barat, telah memiliki program 50 juta pohon. Hingga saat ini sedang dilaksanakan secara bertahap. Jadi, kenapa harus menanam pohon. Karena seperti diketahui pohon sangat bermanfaat, untuk kehidupan.

    "Sejak kita SD pun pasti masih ingat? Dan, sudah mengetahui. Bahwa manfaat menanam pohon itu banyak manfaatnya," kata Kang Uu, sapaan akrab-nya.

    Apalagi, masih kata Uu, sekarang di Jawa Barat banyak hektaaran lahan masih produktif. Balik fungsi lahan, dan alih fungsi hutan. Makanya pemerintah sekarang mendorong, supaya tidak terjadi bencana yang tidak diinginkan. Seperti halnya, terjadi bencana di Kabupaten Garut, itu penyebabnya hutan karena gundul. Lalu, bencana di Tasikmalaya, Sukabumi, termasuk di Cianjur serta lainnya.

    Menurutnya, pihak Pemprov Jabar, berharap jangan hanya menikmati madunya di Jawa Barat saja. Tapi harus juga menanam kebaikan. Seperti salah satu perusahaan Mayora Grup di Cianjur saat ini, melalui aksi tanam ribuan bibit pohon.

    Ada kesadaran dari beberapa pihak pengusaha (pemiliki perusahaan) di Cianjur. Seperti hal di sepanjang Jalan bandung-Cianjur banyak perusahaan. Artinya, bisa bekerja sama dengan baik, dan berkolaborasi dengan pemerintah serta masyarakat. Tujuannya untuk melakukan kebaikan dan bisa bermanfaat. Baik untuk alam (lingkungan) dan masyarakatnya," terang Kang Uu.

    Factory Manager PT. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) M. Zaidan Effendie mengatakan, gerakan penanam pohon seperti ini, bukan pertama kali. Tapi, sudah berangsur beberapa ke belakang. Ini, kata dia, merupakan konsep Corporate Social Responsibility (CSR), bentuk dari sebuah tanggung jawab perusahaan terhadap dampak yang dihasilkan dari keputusan dan aktivitas yang dilakukan. 

    "Makanya kami peduli, untuk menanam ribuan bibit pohon. Sehingga akan memberikan dampak pada lingkungan, jadi harus ada timbal balik dilakukan," katanya.

    Bila ada kegiatan seperti ini, kata dia, selalu koordinasi juga dengan beberapa dinas terkait. Tahun ini kebetulan berkoordinasi dengan Dinas Kehutan, yang ada di Bukit Aquila, ini dalam melakukan reboisasi atau penghijauan.

    "Ini merupakan agenda satu tahun sekali, secara kontinyu akan dilaksanakan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat, setelah bibit pohon jenis kayu Afrika dan kayu manis ditanam," ucapnya.(Yad)

    Dalam gerakan penghijauan tersebut Wagub Jabar didampingi, Pjs Bupati Cianjur H. Dudi Sudrajat Abdurachim, Pjs Bupati Indramayu juga sebagai Pjs Kepala Dinas DPMD Jawa Barat Bambang Tritoyuliono, Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat, Ir. Epi Kustiawan, Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, H. Sadar Muslihat serta Forkopimcam Sukaresmi, warga setempat, dan tamu undangan lainnya. (Yad)
    Komentar

    Tampilkan